Kamis, 13 Agustus 2015

Cara Aman Memetik Lada/Merica

Cara Aman Memetik Lada/Merica-Seperti terlihat pada gambar, Lada adalah tanaman yang merambat, sebelum pada topik Cara Aman Memetik Lada/Merica, ada baiknya kita ketahui bahwa  biasanya para petani lada/merica menanam batang pohon randu nama ilmiahnya Ceiba pentandra, pohon  johar pada musim kemarau sebagai tiang untuk merambat, sebelum menanam pohon lada/merica pada musim penghujan.

Pohon jengkol nama ilmiahnya Archidendron pauciflorum yang tumbuh dengan sendirinya juga dipakai petani sebagai tiang untuk  merambatkan pohon lada. Karena tanaman lada merambat mengikuti tiangnya dan pohon yang digunakan sebagai tiang terus tumbuh, dibutuhkanlah beberapa alat untuk  memetik buahnya. 







Alat pertama yang dibutuhkan untuk memetik buah lada/merica adalah tangga yang terbuat dari bambu apus nama latin Gigantochloa apus.


Membuat tangga sebenarnya dari bambu apa saja bisa, tapi karena judul dari artikel adalah Cara Aman Memetik Lada/Merica, saya rekomendasikan dari bambu apus, disamping kuat bambu apus juga ringan.


Untuk memetik lada/merica dengan aman, alat ke dua yang dibutuhkan adalah tali, guna tali ini supaya tangga yang kita panjat tetap berdiri tegak jikalau sewaktu-waktu tidak terduga tiang  lada/pohon untuk merambat patah.


Caranya ikatlah kedua ibu tangga dengan tali, setelah tangga di sandarkan pada tiang/pohon untuk merambat lada, tarik kedua ujung tali kebelakang tangga dan ikatkan pada pohon yang kuat di belakang tangga, panjatlah  tangga dan lada siap dipetik dengan  aman.


semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar